Rahmat Bagja Sebut Bawaslu Pindah ke IKN pada 2029

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 16 April 2024 | 15:12 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Tio)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan, kemungkinan aparatur sipil negara (ASN) dan staf Bawaslu pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahun 2029 mendatang.

"Mungkin 2029 kami yang paling akhir (Pindah ke IKN)," kata Bagja di Kantor Bawaslu RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024.

Bagja menjelaskan, alasan jajaran Bawaslu, juga kemungkinan KPU, paling akhir pindah ke IKN, karena memiliki persiapan pasca Pilkada. Termasuk persiapan perubahan organisasi ketika nanti merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Oleh karena itu, Bagja mengingatkan kepada jajarannya untuk menyiapkan kepindahan. Selain itu, ia juga beharap jajarannya untuk tidak meminta dimutasi ke Bawaslu di wilayah Jabodetabek.

"Jangan sampai nanti setelah ini ada permohonan kepada Pak Sekjen dan Pak Deputi Administrasi, permohonan untuk pindah ke Bawaslu Provinsi DKI dan bawaslu sekitar DKI Jakarta dari teman-teman ASN semua dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja). Kami minta jangan seperti itu," ujarnya.

Permintaan tersebut disampaikan olehnya karena terdapat potensi permohonan mutasi dari ASN di lingkungan Bawaslu RI.

"Kemungkinan itu pasti ada, potensi itu pasti ada karena 'kan banyak yang sudah established (menetap) di Jakarta harus pindah ke IKN. Oleh karena itu, kami minta kepada teman-teman, fasilitas juga 'kan sudah ada di IKN," tukasnya.sinpo

Komentar: