Menko Airlangga : Ekonomi Indonesia Tunjukkan Sinyal Positif

Laporan: Tisa
Senin, 24 Mei 2021 | 20:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/NET
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/NET

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, melaporkan adanya tanda positif dari perekonomian Indonesia. 

Angka realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kata Airlangga mengalami kenaikan. 

Selain itu, beberapa indikator seperti neraca perdagangan dan pertumbuhan ekspor impor juga menunjukkan perkembangan yang positif. 

"Dilaporkan bahwa realisasi PEN naik Rp60,72 triliun atau 26,3 persen yaitu sebesar Rp123,26 triliun," ungkap Airlangga setelah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (24/5).

Kemudian terkait pemulihan ekonomi, Airlangga menjelaskan beberapa konsensus revisi yang kisarannya antara 6,7 sampai 7,1 persen. 

Menurut Airlangga, neraca perdagangan surplus 2,19 persen, pertumbuhan ekspor naik 51,94 persen, dan impor tumbuh 29,93 persen.

Airlangga menuturkan di lihat dari indikator sosial, perekonomian Indonesia juga bergerak menuju arah yang menggembirakan.

Hal tersebut ditandai dengan dampak pandemi yang berangsur berkurang di ketenagakerjaan.

"Pengangguran di Indonesia turun menjadi 6,26 persen dari yang sebelumnya 7,07 persen di bulan Agustus dan penduduk yang terdampak akibat Covid menurun dari 29,12 juta menjadi 19,10 juta," ungkapnya.sinpo

Komentar: