Luhut: Blitar New Normal Karena Memenuhi Syarat WHO

Laporan: Satria
Selasa, 05 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net

SinPo.id - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Pemerintah akan melakukan uji coba penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 atau new normal di Kota Blitar di Jawa Timur. 

Menurutnya, alasan di uji coba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target vaksinasi sebesar 70% dan dosis 1 lansia sebesar 60%.

"Pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 'new normal' di Blitar. Implementasi uji coba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi 1 70 persen dan dosis 1 lansia 60 persen,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, di YouTube Sekretariat Negara, seperti dikutip SinPo, Selasa (5/10). 

Lebih lanjut, Luhut menuturkan bahwa penerapan PPKM level 1 di Blitar akan diimbangi dengan surveilans, testing, tracing, dan protokol kesehatan yang ketat. Dan juga pemerintah telah membentuk task force untuk memonitor pelaksanaan PPKM level 1 di Blitar. Task force terdiri dari pakar dan ahli di bidangnya. 

"Kami sudah bentuk task force yang terdiri dari pakar dan ahli untuk tinggal beberapa waktu di Blitar untuk memonitor," tuturnya. 

"Agar dapat kita merespons bila ada hal-hal yang dianggap menjadi darurat sehingga tidak menjadi berkembang menjadi liar," terangnya. sinpo

Komentar: