Fraksi PAN: Pemerintah Harus Pastikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Aman

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 02 November 2021 | 14:37 WIB
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/ist
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/ist

SinPo.id - Keputusan pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun mendapat apresiasi dari anggota Fraksi PAN DPR. Kebijakan ini dinilai sangat penting seiring dengan berlangsungnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, sehingga tingkat imunitas dan kekebalan anak-anak sekolah dapat ditingkatkan.

"Kalau sudah PTM, anak-anak pasti akan berbaur antara satu dengan yang lain. Guru-guru dan tenaga administrasi lain juga akan menjadi bagian dalam interaksi dan kontak di sekolah. Ini yang harus dipastikan semuanya aman. Nah, salah satu caranya adalah dengan pelaksanaan vaksinasi bagi para peserta didik, guru, dan tenaga administrasi di sekolah," ungkap Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi SinPo, Selasa (2/11).

Saleh mendesak pemerintah untuk segera memastikan ketersedian vaksin bagi anak-anak usia 6-11 tahun dan segera memulai vaksinasi tersebut.

"Apakah jenis vaksinnya sama dengan orang dewasa? Berapa jumlah dosisnya? Semua itu harus dipastikan secepatnya," tutur Saleh.

Ketua DPP PAN itu juga meminta Kementerian Pendidikan untuk dapat berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan agar dinas di daerah dapat segera merumuskan pola kerja pelaksanaan vaksinasi ini, sehingga para vaksinator yang ada tetap dapat melayani vaksinasi bagi orang dewasa.

Saleh berharap pemerintah dapat menentukan pemetaan pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak ini. Karena pengadaan vaksinnya tidak serentak, harus ditentukan daerah yang menjadi skala prioritas. Dengan begitu, pelaksanaan vaksinasi ini sejalan dengan program satgas dalam memutus mata rantai penyebaran Covid.

"Vaksinasi untuk anak-anak ini dinilai lebih mudah. Tinggal menentukan jadwal, lalu mereka dipanggil secara bergiliran. Mungkin ada satu dua yang takut, tetapi biasanya bisa dibujuk dan disemangati," tutup Saleh.sinpo

Komentar: