Banjir Bandang Kota Batu, BMKG: Info Peringatan Dini Sudah Disampaikan

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 08 November 2021 | 18:36 WIB
Dampak banjir bandang di Kota Batu/Foto: Dok BMKG
Dampak banjir bandang di Kota Batu/Foto: Dok BMKG

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan pihaknya sudah memberikan peringatan dini waspada bencana sebelum banjir bandang menerjang Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno mengatakan upaya terkait pemberian peringatan dini yang selama ini telah dilakukan oleh BMKG sangat dibutuhkan dalam upaya mengantisipasi bencana alam.

"Mungkin kedepannya perlu dicermati dan diinventarisasi lokasi-lokasi rawan banjir bandang, terutama daerah hulu terkait laju penebangan hutan dan perubahan fungsi lahan," ungkap Dwi dalam keterangah resminya di Website BMKG.go.id, Senin (8/11). 

Menurut Dwi, Kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat sekitar hutan harus lebih cermat dan aktif mendeteksi perubahan-perubahan dari lingkungan tersebut.

"BMKG akan selalu memberikan layanan informasi peringatan dini dengan cepat dan tepat kepada masyarakat sehingga dapat melakukan penyelamatan sedini mungkin," katanya.

Menurut laporan, terdapat puluhan kerusakan dan kerugian ditimbulkan dari bencana hari lalu, yang sebagian besar berupa kerusakan rumah dan hanyutnya kendaraan pribadi. Laporan juga menyebutkan bahwa terdapat enam korban meninggal dunia. Saat ini, BPBD akan terus mengupayakan pencarian, sembari melakukan pemulihan dan pembersihan sisa material banjir bandang.sinpo

Komentar: