Nasib Garuda Indonesia Kini, Pesawat Langka Dan Hanya Punya 140 Rute Penerbangan

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 09 November 2021 | 22:53 WIB
Pesawat Garuda Indonesia/Net
Pesawat Garuda Indonesia/Net

SinPo.id - Jumlah pesawat yang dioperasikan Garuda Indonesia kini makin langka hanya sekitar 50-60 yang beroperasi. Sementara armada diparkiran ada sebanyak 125 pesawat, terdiri 119 pesawat sewa dan 6 pesawat milik sendiri.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan berkurangnya jumlah pesawat menyebabkan terjadinya kelangkaan rute penerbangan pesawat Garuda Indonesia di sejumlah daerah. Kartika menyebut, hal itu membuat pihaknya menerima keluhan dari sejumlah calon penumpang.

"Kalau Garuda paling drastis dari pesawatnya 142, saat ini tinggal 50-60 pesawat yang beroperasi, jadi kami sudah mendapatkan banyak komplain selama sebulan terakhir, flight garuda semakin langka, karena pesawatnya grounded," ujar Kartika, Selasa (9/11).

Kartika mencatat, rute perbangan emiten dengan kode saham GIAA itu akan berkurang secara drastis. Pengurangan difokuskan pada rute yang tidak menguntungkan secara bisnis dan menguatkan rute-rute super premium.

Dalam catatanya, rute penerbangan emiten diperkirakan turun dari 237 rute menjadi 140 rute saja. Pemangkasan itu sejalan dengan pengembalian sejumlah armada kepada lessor atau perusahaan penyewa pesawat.

"Ini jadi tantangan karena mungkin nanti airport yang akan mengalami kelangkaan jumlah flight karena memang rutenya kurangi dan fokus kepada rute-rute yang menghasilkan positif margin," katanya.sinpo

Komentar: