Awas Cina Panas! Kapal Perang AS Berpeluru Kendali Kembali Lewati Selat Taiwan

  • Oleh:

SinPo.id - Untuk kesekian kalinya, kapal perang AS berpeluru kendali kembali melintasi Selat Taiwan di tengah ketegangan antara Taipei dan Cina pada Selasa (23/11).

Angkatan Laut AS menyatakan, kapal perusak kelas Arleigh Burke yang dilengkapi peluru kendali, Milius, itu melakukan transit rutin di Selat Taiwan. Menurut mereka, kapal itu melalui perairan internasional dan berlayar sesuai dengan hukum internasional.

"Transit kapal itu melalui selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer AS terbang, berlayar, dan beroperasi di wilayah manapun yang diizinkan hukum internasional," ucap pernyataan Angkatan Laut, Amerika dikutip dari Reuters.

Untuk saat ini, belum ada respons dari China perihal manuver terbaru kapal perang AS yang kerap dinilai Beijing sebagai bentuk provokasi.

Pada bulan lalu, China mengecam tindakan AS dan Kanada yang mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan dan China menyebut bahwa kedua negara tersebut bisa mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

"Taiwan adalah bagian dari teritori China. Kekuatan militer (China) selalu menjaga kewaspadaan tingkat tinggi dan dengan tegas melawan semua ancaman dan provokasi," ucap pihak militer China.

Hingga kini, China terus mengklaim bahwa Taiwan adalah bagian dari wilayah negara itu. Dan sudah tercatat oleh Taiwan bahwa pesawat militer China melakukan penerobosan sebanyak 680 kali ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) mereka sepanjang tahun ini.

Meski tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, AS sudah sejak lama menjadi pendukung utama demokrasi Taiwan. AS juga memanfaatkan ketegangan ini untuk mempromosikan demokrasi dan kebebasan navigasi di kawasan Indo-Pasifik.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar