Survei SMRC: PDIP Cuma Menang Tipis dari Gerindra di Jabar

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 15 Februari 2022 | 15:17 WIB
Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad/net
Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad/net

SinPo.id -  Gerindra menang di Jabar wajar, PDIP halu! Mungkin ini menjadi ungkapan yang pas untuk menggambarkan hasil survei yang dirilis SMRC pada Selasa (15/2).

Dalam survei tersebut, PDI Perjuangan bersama Partai Gerindra dinilai akan bersaing ketat untuk menjadi partai yang memperoleh suara terbesar di Jawa Barat (Jabar).

Manajer program SMRC, Saidiman Ahmad dalam presentasinya memaparkan jika pemilu dilaksanakan pada saat survei dilakukan. Maka, PDI Perjuangan hanya akan mendapat dukungan sebanyak 16 persen.

Perolehan suara PDI Perjuangan tersebut dinilai relatif seimbang dengan dukungan kepada Partai Gerindra yang memperoleh 14,8 persen suara.

"Dalam simulasi semi terbuka 18 partai, di Jawa Barat saat ini PDIP memperoleh suara 16 persen, bersaing ketat dengan Gerindra dengan 14,8 persen suara," papar Saidiman.

Saidiman menjelaskan urutan selanjutnya PKS memperoleh 9,2 persen, Golkar 8,1 persen, Demokrat 5,9 persen dan PKB 5,1 persen. Sementara partai-partai lain ada di bawah 3 persen. 

Namun, Dia menjelaskan masih terdapat sebanyak 32,7 persen masyarakat yang masih belum menentukan pilihan terhadap partai tertentu. Sehingga, menurutnya masih terbuka kemungkinan suara partai tertentu akan bertambah.

"Perolehan suara masing-masing partai, masih terbuka kemungkinan untuk berubah mengingat masih ada 32,7 persen masyarakat Jawa Barat yang belum menentukan pilihan," tegasnya. 

Survei oleh SMRC ini dilakukan melalui telepon dengan total sampel 801 responden. Sampel dipilih secara acak dari populasi warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone. 

Wawancara dilakukan oleh tenaga pengumpul data yang terlatih pada 5-8 Februari 2022. Pembobotan data dilakukan sehingga profil demografi sampel proporsional terhadap populasi hasil sensus. 

Margin of error survei diperkirakan +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.sinpo

Komentar: