Cak Imin Kembali Bersuara Soal Penundaan Pemilu, Begini Komentarnya

Laporan: Samsudin
Selasa, 01 Maret 2022 | 17:03 WIB
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar/net
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar/net

SinPo.id -  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali buka suara terkait penundaan pemilu yang saat ini tengah ramai diperbincangkan.

Menurut Cak Imin, usulannya tersebut baru sebatas wacana. Pasalnya, penentu keputusan terkait usulan tersebut adai di Presiden Joko Widodo.

Selain itu juga, tentunya tergantung sikap partai dari para ketua umum parta politik.  

“Ini usulan saya. Soal keberhasilan, soal nanti bagaimana, semua kembali kepada Ketua Umum Partai,” kata Cak Imin di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (1/3).

“Dan tentu penentunya oleh Bapak Presiden (Joko Widodo),” jelasnya.

Apabila tidak ada respons dari Istana Kepresidenan terkait usulan penundaan Pemilu Serentak 2024 tersebut, Muhaimin kembali mengatakan semua keputusan dikembalikan ke Pemerintah maupun pimpinan parpol.

“Yah terserah saja, namanya saja usul,” tukasnya.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar mengatakan Pemilu Serentak 2024 dapat ditunda satu atau dua tahun kemudian, dengan alasan perlu momen perbaikan untuk kondisi perekonomian sebagai dampak pandemi COVID-19.

Momen tersebut, menurut Muhaimin, tidak bisa diganggu karena menurutnya pemilu akan menyebabkan stagnasi ekonomi, transisi kekuasaan hingga ketidakpastian perekonomian, serta dinilai berpotensi menimbulkan konflik.

Selain itu, dia menilai kondisi tersebut akan membawa dampak kurang baik bagi Indonesia dan akan menyampaikan kepada Presiden Jokowi.sinpo

Komentar: