Ada Isu Reshuffle, PAN Belum Dapat Info

Laporan: Ari Harahap
Senin, 13 Juni 2022 | 15:04 WIB
Sekjen PAN, Eddy Soeparno/net
Sekjen PAN, Eddy Soeparno/net

SinPo.id -  Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku belum mendapat informasi pasti dari istana mengenai kabar reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/6).

Eddy mengatakan pihaknya baru mendengar kabar soal reshuffle tersebut hanya dari media.

"Kami sudah mendengar (kabar akan ada reshuffle), nah berhubung itu datang dari teman media, ya tentu kami tidak bisa mengonfirmasi apalagi dalam hal ini belum ada pemberitahuan resmi kepada PAN," ujar Eddy.

Terkait isu reshuffle, kata Eddy, PAN menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Partainya akan menghormati apapun keputusan yang diambil oleh Jokowi

"Hal ini kembali lagi merupakan hak prerogratif presiden, kedaulatan sepenuhnya untuk melakukan reshuffle itu ada di tangan presiden. Sehingga kami dalam hal ini adalah pihak yang menghormati hak prerogatif tersebut," katanya.

Saat disinggung mengenai kemungkinan kader PAN akan ditempatkan di kabinet jika reshuffle dilakukan, Eddy tak banyak memberi jawaban.

Dia hanya mengatakan, kewenangan mengajukan nama kader untuk duduk di kursi menteri berada di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Seluruh keputusan internal PAN yang menyangkut kader yang ditempatkan di mana pun itu keputusannya di tangan ketua umum PAN," tandasnya.

Untuk diketahui, PAN merupakan parpol terakhir yang masuk dalam gerbong pendukung pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Namun, hingga saat ini PAN juga belum mendapatkan jatah menteri di kabinet Indonesia Maju.sinpo

Komentar: