Tak Ada Masalah dengan PDIP, NasDem Komitmen Kawal Jokowi Hingga 2024

Laporan: Farez
Senin, 01 Agustus 2022 | 18:53 WIB
Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali (SinPo.id/Sigit)
Waketum Partai NasDem, Ahmad Ali (SinPo.id/Sigit)

SinPo.id - DPP Partai NasDem menegaskan tidak memiliki masalah dengan DPP PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali kepada wartawan saat disinggung soal hubungan NasDem dengan PDIP.

Pasalnya, NasDem dan PDIP belakangan ini kerap didera debat politik yang cukup panas. Ahmad Ali menegaskan, NasDem dan PDIP berkomitmen mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga tahun 2024.

“Partai NasDem dan PDIP koalisi yang sudah teruji sebenarnya pada Pemilu 2014 dan 2019. Kami sudah sama-sama mengusung pak Jokowi untuk jadi Presiden sampai hari ini dan kami berkomitmen mengawal ini selesai,” kata Ahmad Ali di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022.

Ahmad Ali memastikan, pimpinan kedua partai yakni, Surya Paloh dan Megawati Soekarnoputri merupakan dua sahabat karib. Menurutnya, ada pihak yang sengaja membuat NasDem dan PDIP memiliki masalah.

“PDIP dan NasDem ini nggak ada masalah, kami partai sahabat, teman, Bu Mega dan Pak Surya juga adalah sahabat. Sesungguhnya tidak pernah ada masalah, kemudian dibuat seakan-akan ada masalah. Gak ada,” tegas dia. 

Ahmad Ali juga enggan mempermasalahkan pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyatakan tidak ingin mengganggu NasDem lantaran sudah menjalin komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Lebih lanjut Ahmad Ali menambahkan, setiap orang memang punya hak untuk memberikan penilaian, tetapi ia menekankan, komunikasi antara NasDem dengan Demokrat daj PKS tidak membatasi komunikasi dengan partai-partai lain.

"Kami tidak akan membatasi itu, memang tentunya kalau kita dengan PDIP, kita tahu bahwa dia satu-satunya partai memenuhi syarat untuk mengajukan sendiri, sehingga dalam kontestasi 2024 mereka bisa tidak membutuhkan partai lain," imbuhnya. 

Berbeda dengan PDIP, Ali mengatakan, NasDem masih membutuhkan koalisi dengan parpol lainnya agar dapat mengusung calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. 

“Bagi NasDem butuh koalisi dengan partai lain, karena kami butuh memenuhi persyaratan untuk mengusung. Intinya nasdem menyadari bahwa bangsa sebesar ini tidak bisa diusung sendiri dan harus dengan partai-partai lain,” tutup Ali.sinpo

Komentar: