China Simulasikan Serangan di Selat Taiwan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 07 Agustus 2022 | 23:50 WIB
Ilustrasi/Trenasia
Ilustrasi/Trenasia

SinPo.id -  Belasan kapal perang China melakukan aktivitas pelatihan militer di sekitar Selat Taiwan, untuk mensimulasikan serangan sebagai reaksi atas kunjungan ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, sejumlah kapal militer, pesawat terbang, dan pesawat tak berawak milik China telah melintasi garis perbatasan antara China dan Taiwan.

"Pasukan kami telah mengerahkan jet untuk memperingatkan 20 pesawat China, termasuk 14 lainnya yang melintasi garis median," kata Kemenhan, seperti dilansir dari Reuters, Minggu 7 Agustus 2022.

Kementerian Transportasi Taiwan, juga secara bertahap telah mengeluarkan peraturan pembatasan penerbangan di wilayah udara Taiwan, serta mengumumkan bahwa latihan militer China sudah tidak lagi berlaku.

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih menyatakan bahwa latihan militer itu sebagai eskalasi signifikan dalam upaya China untuk mengubah status quo.

"Mereka provokatif, tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko salah perhitungan. Mereka juga bertentangan dengan tujuan lama kami dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," ungkapnya.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari tanggapan terhadap kunjungan Pelosi, China juga telah menghentikan komunikasi dengan Amerika Serikat melalui berbagai saluran.sinpo

Komentar: