Pemprov DKI Pastikan Tak Ada Korban Dalam Kebakaran Mobil Jakarnaval

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 14 Agustus 2022 | 22:09 WIB
Kebakaran mobil hias Jakarnaval/Istimewa
Kebakaran mobil hias Jakarnaval/Istimewa

SinPo.id -  Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata buka suara terkait insiden terbakarnya salah satu mobil hias pada acara Jakarnaval 2022 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, terbakar pada Minggu 14 Agustus 2022 malam.

Andhika menyebut, kebakaran diduga akibat percikan api dari kembang api yang dihadirkan sebagai efek dalam mobil hias penutup parade tersebut. 

"Di mobil hias tersebut ada semacam percikan api kembang api. Nah ini mungkin yang mengakibatkan hal tersebut terjadi," kata Andhika di lokasi. 

Andhika juga menuturkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam melaksanakan mitigasi bencana pada penyelenggaran even karnaval tersebut. 

"Semua treatment SOP sebuah penyelenggaraan event sudah kami lakukan," ujarnya. 

Selain itu, Andhika juga memastikan peristiwa tersebut tidak menimbulkan masalah yang besar dan dapat ditangani dengan cepat oleh petugas yang sudah disiapkan di lokasi. 

"Alhamdulillah semua stakeholder dalam hal ini Gulkarmat dan BPBD langsung bertindak seperti itu, dan alhamdulillah sudah terkendali," ujarnya.

Lebih lanjut, Andhika menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

"Tidak ada (Korban jiwa)," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, salah satu mobil hias pada acara Jakarnaval 2022 yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, terbakar pada Minggu 14 Agustus 2022 malam.

Mobil hias itu terbakar tepat di penghujung acara Jakarnaval, sekitar pukul 18.30 WIB. Mobil yang tampil sebagai penutup acara tersebut, sebelumnya memunculkan percikan kembang api sebagai efek dalam parade sekaligus sebagai tanda ditutupnya acara.

Namun tak lama setelah itu, api menjalar ke seluruh bagian mobil hias tersebut, hingga akhinya mobil terbakar seluruhnya.

Api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu kurang dari 10 menit.

Pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh petugas pemadam kebakaran yang ada di lokasi. sinpo

Komentar: