Menteri ESDM: Harga Pertalite Turun Bila Harga Minyak Dunia Mengalami Penurunan

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 10 September 2022 | 06:27 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif. Foto: Istimewa
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif. Foto: Istimewa

SinPo.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan, harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite berpotensi turun jika harga minyak dunia mengalami penurunan.

“Nanti kami lihat, kalau harga minyak membaik ya InsyaAllah turun,” tutur Menteri ESDM Arifin Tasrif kepada wartawan, Jumat, 9 September 2022.

Dia lantas meminta masyarakat untuk berhemat dalam mengonsumsi BBM. Hal ini, kata Arifin, agar kuota subsidi Pertalite dan Solar tidak jebol terlalu besar.

“Makanya sekarang tolong diminta semua masyarakat coba bisa nggak kita coba dengan kesadaran menghemat, hemat energi gimana caranya, yang biasanya keluar bensin 3 liter bisa gak 2 liter aja,” tutur Arifin.

Sebagaimana diketahui, pemerintah beberapa waktu lalu telah menaikkan harga Pertalite, dari yang semula Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter. Kenaikan harga Pertalite itu bersamaan dengan 2 jenis BBM lainnya, yakni Solar Subsidi dan Pertamax.

Tercatat, harga minyak dunia kini sedang dalam tren penurunan, hingga menyentuh level di bawah US$90 per barel. Namun rata-rata harga minyak dunia dalam setahun masih di atas US$100 per barel.
 

 sinpo

Komentar: