Disebut Belum Layak, Wagub DKI Ijinkan PSSI Periksa JIS

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 17 September 2022 | 15:10 WIB
Stadion JIS/Getty Images
Stadion JIS/Getty Images

SinPo.id -  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mempersilahkan pembentukan tim khusus guna memeriksa kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) oleh PSSI maupun Kemenpora. 

“Ya silakan saja (bentuk tim), itu kan kewenangan dan masukan dari PSSI dan Kemenpora, tentu kami akan perhatikan karena JIS itu milik warga Jakarta,” ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI pada Sabtu 17 September 2022. 

Riza menyampaikan, pihaknya sangat terbuka bagi setiap masukan maupun kritik dari berbagai pihak untuk perbaikan pembangunan kedepannya. 

"Kalau PSSI merasa berkepentingan dan memberikan masukan ya silakan saja. Jangan kan PSSI, kalian sebagai warga ingin memberikan masukan buat JIS yang lebih baik, silakan," tuturnya. 

Lebih jauh Riza menyampaikan, JIS dibangun sebagai janji politik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ketika kampanye, yang telah diwujudkan dan dibuktikan seperti yang kini terlihat.  Ia juga menegaskan, JIS telah dibangun dengan standar internasional. 

"Tetapi yang perlu diketahui JIS itu dibangun berskala internasional, memenuhi standarnya dengan orang-orang yang sangat baik, yang sudah teruji, kalau ada masukan di luar itu silahkan aja," terangnya. 

Sebelumnya diketahui, PSSI menilai Stadion JIS belum layak menggelar laga FIFA Matchday untuk Timnas Indonesia.

Laga pertama dijadwalkan berlangsung di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022, Jawa Barat.

Sementara laga kedua direncanakan digelar di JIS pada 27 September 2022.

"Namun, setelah PSSI melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday," kata Sekjen Yunus Nusi dalam siaran pers yang tayang di website PSSI, Jumat 9 September 2022. 
sinpo

Komentar: