Ketum PSSI: Penggunaan VAR Membuat Kualitas Liga 1 Makin Baik

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 18 Februari 2024 | 15:40 WIB
Uji coba VAR di Liga 1 (SinPo.id/Pssi)
Uji coba VAR di Liga 1 (SinPo.id/Pssi)

SinPo.id - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut keberadaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 akan membuat perkembangan sepak bola di Tanah Air semakin berkualitas.

Hal ini dikatakan Erick setelah PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menjadi operator Liga 1 dan PSSI melakukan uji coba penerapan VAR tahap ketiga di Lapangan JSI, Megamendung, Bogor.L

Menurut Erick, VAR akan sangat membantu kinerja wasit dalam memimpin pertandingan sekaligus meningkatkan kualitas industri sepak bola Tanah Air.

"Kualitas liga akan semakin baik, dengan demikian akan semakin baik juga industri sepak bola kita," kata Erick, melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu, 18 Februari 2024.

Erick menjelaskan, keberadaan VAR juga akan memacu semangat para pemain saat bertanding di lapangan. Sebab, pemain akan semakin yakin dengan keputusan wasit yang dibekali dengan teknologi canggih.

"Pemain akan semakin baik juga mainnya. Dia tahu semua terjaga dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengungkapkan VAR sudah dapat diaplikasikan selama BRI Liga 1 2023/2024 seri championship pada 4-26 Mei.

Tisha menjelaskan saat ini penerapan VAR masih harus melalui beberapa tahap. Salah satunya melalui tahap persetujuan dan penilaian terakhir wasit serta asisten wasit VAR yang diberikan oleh FIFA.

"Untuk bertugas masih akan menunggu persetujuan dari FIFA sebagai penilaian terakhir mereka (wasit) kemudian melakukan pertandingan uji coba. Rencananya, FIFA akan hadir di sini antara tanggal 1 dan tanggal 8 Maret untuk melihat latihan terakhir kesiapan di batch 1 (wasit) ini," paparnya.sinpo

Komentar: