Djeman terbang

Laporan: Sinpo
Rabu, 28 September 2022 | 07:00 WIB
Koran Sin Po (SinPo.id/Monash University)
Koran Sin Po (SinPo.id/Monash University)

SinPo.id - Koran Sin Po edisi 28 September 1929 melaporkan berita perkembangan transportasi udara atau penerbangan dengan judul “Djeman terbang”. Dalam laporanaya koran itu mengutip sejumlah negara yang memiliki maskapai untuk menunjang ekonomi di era penjajahan.

“Tiongkok jang masi djaoe dari.beres soeda mempoenjai bebrapa lijn dienst oedara dan Shanghai sekarang ada djadi satoe antara poesat-poesat paterbangan di Timoer Djaoe,” tulis laporan itu mengutip salah satu negara Cina yang berani mempelopori maskapai penerbangan bersamaan dengan negara lain.

Apa sekarang doenia soeda moelai masoek dalem djeman terbang masi djadi satoe pertanjahan. Tapi tida bisa disangkal bahoea paterbangan tambah hari tambah oemoem hingga aliran ada mendjoeroes santer ka djeman terbang Tida ada satoe negri jang tida mempoenjai dienst paterbangan.

Tiongkok jang masi djaoe dari.beres soeda mempoenjai bebrapa lijn dienst oedara dan Shanghai sekarang ada djadi satoe antara poesat-poesat paterbangan di Timoer Djaoe.

Turkije, Perzie, Siam dan Afghanistan djoega soeda mempoenjai perhoeboengan terbang didalem dan ka loear negri. Negri-negri djadjahan soeda tentoe tida katinggalan, seperti orang ada saksiken K.N.I.L.M. di Indonesia.

Paterbangan sekarang semingkin njata faedahnja bagi perdagangan. Soeda lama boengah tulp dari negri Blanda didjoeal di Berlijn, Parijs dan Londen. Itoe boengah soeda dapetken harga bagoes dan kasi kaoentoengan baek pada toekang-toekang kebon kembang Blanda. Ini soeda bisa terdjadi lantaran pengangkoetan dengen aeroplane.

Di Amerika orang soeda toeroet ini toeladan. Boengah roos dari Middle West sekarang saban pagi diangkoet ka New York dengen pesawat terbang. Ikan-ikan dari tepi laoet Atlantisch diangkoet dengen aeroplane satiap hari ka Chicago. Boeat angkoet boengah-boengah orang soeda goenaken aeroplane jang ada poenja kamar anget, dan boeat angkoet ikan-ikan basa orang ada goenaken aeroplane jang ada poenja kamar frigidaire.

Di Amerika peroesahan terbang teroetama ada boeat angkoet mail. Ini pengangkoetan ada jang paling populair dan djoega paling mengoentoengken pada peroesahan terbang, kerna dengen roewangan ketjil bisa bawa moeatan jang hasilnja lebih besar. Di Amerika tarief post oedara ada. lebih tinggi dari di Europa.

Menoeroet katerangannja Clement M. Keys, president dari Curtiss-Wright Corporation, selaennja mail djoega banjak pengiriman barang permata dan oewang diangkoet dengen pesawat-pesawat terbang. Pengiriman oewang dengen trein ka tempat djaoe sekarang djadi dirasaken terlaloe lambat hingga dianggep ilang rente, dan bankier-bankier jang tida ingin oewangnja ngaso lama lantas pilih pesawat terbang sebagi transport jang ideaal.

 sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024