DPR Tunggu Pihak yang Akui Bertanggungjawab atas Petaka Kanjuruhan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 03 Oktober 2022 | 15:35 WIB
Konferensi pers Komisi X DPR soal petaka Kanjuruhan/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Konferensi pers Komisi X DPR soal petaka Kanjuruhan/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Terkait dengan tragedi sepak bola memilukan di stadion Kanjuruhan, Malang, Komisi X DPR RI hingga saat ini masih menunggu ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas peristiwa tersebut.

Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB, Syaiful Huda, meminta pihak yang bertanggungjawab untuk segera mengakuinya agar proses investigasi dapat segera dilakukan.

"Ada kelalaian di mata kami, ada pihak yang bertanggunjawab. Kami menunggu ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas tradegi ini," kata Syaiful dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

DPR juga meminta adanya perbaikan dalam Standard Operating Procedure (SOP) terhadap penyelenggaraan semua event dan kompetisi, karena belum ada SOP yang disepakati semua stakeholder.

"Tentu tidak mudah melakukan standar FIFA, tapi kami yakin SOP kalau disepakati semua pihak, maka akan semua disepakati SOP yang diajukan pemerintah," paparnya.

Menurut Syaiful, SOP yang harus disepakati termasuk SOP pengamanan khusus event olahraga, yang diminta agar pemerintah perubahan segera mempercepat perubahan tersebut.sinpo

Komentar: