Menteri PPPA: Segera Lapor Jika Alami KDRT

Laporan: Sinpo
Rabu, 12 Oktober 2022 | 02:46 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga/Nusabali
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga/Nusabali

SinPo.id -  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga meminta warga melaporkan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke kepolisian atau layanan pengaduan yang telah disediakan oleh pemerintah. Puspayoga  juga menekankan pentingnya edukasi pencegahan KDRT kepada masyarakat mulai dari tingkat akar rumput.

"Sekarang kita imbau seluruh lapisan masyarakat, siapa pun yang jadi korban harus berani speak up (angkat bicara) demi memberikan keadilan kepada korban dan efek jera kepada pelaku sehingga tidak terjadi kasus berulang. Terkait dengan KDRT yang lagi viral sekarang, kita tunggu proses yang sedang berjalan. Tapi, bagaimana pun juga jadi evaluasi kita bersama bahwa pentingnya kita memberikan edukasi ke masyarakat yang kita mulai dari akar rumput, dari keluarga itu penting," kata Bintang di lingkungan istana kepresidenan Jakarta pada Selasa 11 Oktober 2022. 

Kementerian PPA sudah menyediakan pusat panggilanSAPA 129 dan saluran pengaduan melalui aplikasi WhatsAppnomor 0811111129129 bagi para korban maupun saksi kasusKDRT.

"Kita dorong untuk (melapor) itu, dan tidak hanya korban yang melihat, yang mendengar itu juga harus ikut peduli melaporkan terjadinya kekerasan," tambahnya.sinpo

Komentar: