DPR Optimis Inflasi Indonesia Akan Terkendali di Tahun 2023, Ini Penjelasannya

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:58 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Dewan perwakilan rakyat di Senayan mengaku optimis inflasi di Indonesia akan terkendali atau membaik pada tahun 2023 mendatang. Senayan menyebut pemerintah dan DPR telah menetapkan beberapa langkah yang bersifat transformasi struktural dan temporer, di antaranya perubahan undang-undang, serta pemberian bantuan sosial.

“Meskipun terjadi kenaikan BBM setelah itu, kita bisa lihat ada kenaikan di dalam core inflation, tapi volatile food sudah membaik. Jadi kita lihat tahun depan inflasi ini akan membaik," kata  anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo, Kamis 20 Oktober 2022.

Ia menegaskan inflasi Indonesia yang relatif terkendali harus dijadikan sebagai peluang untuk melakukan reformasi ekonomi secara struktural, salah satunya dengan UU Cipta Kerja.

“Karena itu kita tidak boleh berhenti hanya dengan memberi BLT kepada masyarakat rentan tersebut. Yang paling penting adalah kita menciptakan lapangan kerja,” terangnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah memangkas proyeksi inflasi Indonesia pada tahun 2022 menjadi 6,3 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Lembaga keuangan sentral itu berharap tingkat inflasi akan terus melandai pada kuartal I-2023, sehingga pada kuartal III-2023. BI menilai inflasi akan mulai terjadi sebesar 3 persen (yoy) plus minus 1 persen.sinpo

Komentar: