PPP Papua Barat Deklarasi Ganjar Jadi Capres, KIB Ada Friksi?

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Deklarasi PPP Papua Barat dukung Ganjar capres/Dok: Istimewa
Deklarasi PPP Papua Barat dukung Ganjar capres/Dok: Istimewa

SinPo.id -  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Papua Barat resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Ketua DPW PPP Papua Barat Yasman Yasir dalam keterangan tertulisnya mengatakan deklarasi digelar setelah proses penetapan nama capres, dimana 11 dari 13 DPC kabupaten kota sepakat memilih Ganjar.

Para pengurus DPC sendiri mengusulkan nama berdasarkan penjaringan aspirasi yang mereka lakukan tingkat akar rumput.

“Kami sudah komitmen, keputusan dari suara terbanyak ini yang dideklarasikan dan disampaikan ke pusat,” kata Yasman yang dikutip dari Antara, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Yasman menjelaskan, hasil penjaringan aspirasi di tingkat akar rumput menunjukkan Ganjar Pranowo memang dominan menjadi pilihan masyarakat.

Hal ini sesuai dengan hasil survei nasional berbagai lembaga yang selalu menunjukkan keunggulan Ganjar di atas kandidat lain.

“Jika dilihat dari kepribadian dan kinerjanya selama ini, saya pikir Pak Ganjar memang cocok untuk melanjutkan kepemimpinan nasional menggantikan Pak Joko Widodo,” jelasnya.

Deklarasi ini tentunya berlawanan dengan pernyataan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar, Maman Abdurrahman yang pernah menegaskan koalisi partainya bersama PAN dan PPP tak disiapkan untuk mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Nggak ada. Saya tegaskan nggak ada," kata Maman di perayaan HUT Golkar, Ji-Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, 20 Oktober 2022.

Meski 2024 masih jauh, sejumlah partai masih mencoba untuk cek ombak melirik calon potensial yang bakal mereka usung di Pilpres mendatang.

Hal ini tak lain demi mendapatkan efek ekor jas yang mampu mengatrol elektabilitas partai. Sementara KIB sejauh ini belum sama sekali mengumumkan siapa jagoan yang akan mereka usung di 2024.sinpo

Komentar: