WACANA PPP GABUNG KIM

PAN: PPP Harus Akui Dulu Kemenangan Prabowo-Gibran

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 16 April 2024 | 16:21 WIB
Silaturahmi Prabowo dengan Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju (SinPo.id/ Ashar)
Silaturahmi Prabowo dengan Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, partainya mempersilakan jika Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ingin bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Namun, PPP terlebih dahulu harus mengakui kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

"PPP sebaiknya jangan hanya bicara mau bergabung saja. Tetapi, secara deklaratif sebaiknya sudah mengucapkan selamat, mengakui kemenangan pasangan 02. Kalau mau gabung, tentu harus ada pengakuan seperti itu," kata Saleh kepada wartawan, Selasa, 16 April 2024.

Menurut Saleh, pihak-pihak yang berwacana ingin bergabung itu banyak. Akan tetapi, deklarasi secara resmi juga diperlukan apabila benar ingin bergabung.

Dengan demikian, masyarakat tidak mempertanyakan sikap politik PPP bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran nanti.

"Pengakuan juga penting. Paling tidak untuk menjaga kohesivitas dan keteduhan di tengah masyarakat," tuturnya.

Ketua Fraksi PAN DPR ini juga menyebut, kubu nya tak akan membuat persyaratan yang rumit apabila ada parpol yang ingin bergabung. Dan, percayakan saja keputusannya pada Prabowo-Gibran.

"Semua harus dipercayakan kepada Prabowo-Gibran. Tentu akan sangat etis jika partai-partai pendukung yang selama ini sudah berjuang diajak bicara, diminta pendapatnya, dirumuskan bagaimana pola kerja sama," kata Saleh.sinpo

Komentar: