Dewan Pers SinPo

Apartemen di Jalur Gaza Terbakar, 21 Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 18 November 2022 | 08:50 WIB
Kondisi apartemen yang terbakar di Jalur Gaza/Reuters
Kondisi apartemen yang terbakar di Jalur Gaza/Reuters

SinPo.id -  Sekitar 21 orang dilaporkan tewas dan beberapa orang lainnya terluka dalam peristiwa kebakaran di sebuah bangunan apartemen, yang menjadi tempat tinggal pengungsi Jabalia yang berpenduduk padat di Jalur Gaza utara.

Berdasarkan laporan dari kantor berita WAFA Palestina beberapa anak termasuk di antara daftar korban yang tewas.

"Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa sejumlah besar bensin telah disimpan di lokasi tersebut, memicu kobaran api yang dengan cepat melalap bangunan tersebut," kata Kementerian Dalam Negeri Gaza, dilansir dari AlJazeera, Jumat 18 November 2022.

Menurut penyelidikan awal, faktor penyebab kebakaran berasal dari lilin yang dinyalakan saat perayaan ulang tahun, kemudian api dengan cepat menyambar, hingga ledakan terjadi.

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menyebut peristiwa itu sebagai tragedi nasional dan mengatakan akan ada hari berkabung. Ia juga menginstrusikan petugas untuk segera memberikan bantuan medis dan sebagainya.

Seperti diketahui, Jabalia adalah salah satu dari delapan kamp pengungsi di Gaza, rumah bagi 2,3 juta orang dan salah satu daerah terpadat di dunia. Daerah itu berada di bawah blokade udara, laut, dan darat yang diberlakukan oleh Israel sejak 2007.sinpo

Komentar: