Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC Bangkok Demi Hadir di Muktamar Muhammadiyah

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 19 November 2022 | 10:41 WIB
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Muktamar Muhammadiyah/dok: Suara Muhammadiyah
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Muktamar Muhammadiyah/dok: Suara Muhammadiyah

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Iriana Joko Widodo rela meninggalkan KTT APEC 2022 di Bangkok, Thailand demi bisa menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 19 November 2022.

Jokowi menyebut, kehadirannya yang sekaligus menjadi pembuka Muktamar Muhammadiyah ini karena kecintaannya kepada lembaga yang didirikan pada 18 November 1912 ini.

"Saya senang dan merasa terhormat bisa hadir di Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar Aisyiyah pada pagi hari ini, dan alhamdulillah saya dan Bu Iriana bisa silaturahmi langsung dengan bapak ibu semuanya," ucap Jokowi saat membuka Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Sabtu, 19 November 2022.

Jokowi mengaku baru saja tiba di Solo pada Jumat, 18 November 2022 sekitar pukul 11.00 WIB.

Jokowi menyebut, KTT APEC 2022 sejatinya baru selesai pada sore hari nanti. Namun lantaran undangan dari PP Muhammadiyah untuk membuka acara, maka Jokowi meninggalkan KTT APEC 2022 padahal belum selesai.

"Tadi malam saya masih berada di Bangkok, dan sampai di Kota Solo jam 11 malam untuk hadiri KTT APEC, seharusnya KTT APEC baru selesai sore hari ini, tetapi karena hormat saya, respect saya terhadap undangan dari PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah, maka saya pulang duluan mendahului pemimpin-pemimpin yang lain supaya bisa berjumpa dengan bapak ibu semuanya," ucap Jokowi.
sinpo

Komentar: