Jokowi Ajak Kader Muhammadiyah Hablum Minal Alam

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 19 November 2022 | 14:47 WIB
Presiden Jokowi di Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jateng/dok: Suara Muhammadiyah
Presiden Jokowi di Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jateng/dok: Suara Muhammadiyah

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo mengajak para kader Muhammadiyah untuk hablum minal alam atau menjaga hubungan antara manusia dengan alam.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 19 November 2022.

Awalnya, Jokowi dalam sambutan pembukaan Mukmatamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ini menekankan pentingnya pendidikan bagi pembangunan yang ramah lingkungan.

"Melalui lembaga pendidikan Muhammadiyah dan Aisyiyah saya menitipkan penguatan pendidikan bagi pembangunan yang berkelanjutan bagi pembangunan yang ramah lingkungan," ujar Jokowi dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 19 November 2022.

Jokowi kemudian menyebut keberlanjutan hiduap masyarakat di dunia ini tergantung dengan alam. Menurut Jokowi, Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar dna harus dimanfaatkan dengan baik.

"Perlu saya tegaskan ketergantungan manusia pada alam sangat tinggi, apalagi potensi alam di Indonesia sangat besar, alam darat maupun laut yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya secara bijak," kata dia.

Jokowi pun mengharapkan agar PP Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa terus menggelorakan hablum minal alam, selain tentunya hablum minallah atay hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta dan hablum minannas, hubungan antar manusia.

"Saya mengharapkan bantuan dari bapak ibu semua selain hablum minallah, hablum minannas, mohon diperkuat dengan hamblum minal alam yang menekankan pentingnya kelestarian alam, yang menekankan pentingnya kelestarian lingkungan," kata Jokowi.

Jokowi yakin dengan kerja sama antar masyarakat dalam menjaga dan melestarikan alam akan menjadikan Indonesia kian harum di mata dunia.

"Melalui kerja kita bersama, saya yakin Indonesia akan mampu tumbuh maju di tengah gambaran dunia yang suram. Dengan dukungan keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Indonesia bisa menjadi titik terang di tengah dunia yang muram, Indonesia laksana sang surya yang menerangi dunia," pungkas Jokowi.sinpo

Komentar: