PJ Heru Minta Dishub Tertibkan Parkir Liar di Jakarta

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 06 Desember 2022 | 14:04 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono minta Dinas Perhubungan (Dishub) menertibkan sejumlah area yang dijadikan tempat parkir liar. Maraknya parkir liar diduga meraup keuntungan hingga miliaran rupiah per tahun, namun juga menambah kemacetan di Ibu Kota.

"Parkir liar itu saya sudah tugaskan Dishub lakukan penertiban," kata Heru saat meninjau pasokan bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Selasa 6 Desember 2022.

Penertiban area parkir itu telah dilaksanakan Dishub DKI sejak kemarin, Senin 5 Desember 2022. Namun ia tidak memerinci kawasan mana saja yang sudah ditertibkan oleh pihak Dishub. "Kemaren siang kan sudah dilakukan ya," kata Heru menambahkan.

Pengamat transportasi, Azaz Tigor Nainggolan sebelumnya menyoroti keberadaan parkir liar di sejumlah titik Jakarta. Selain menimbulkan kemacetan, parkir liar itu juga turut menghilangkan potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Ia bahkan memperkirakan sejumlah titik kawasan parkir liar di sekitar Grand Indonesia (GI) saja dapat meraup keuntungan hingga sekitar 18 miliar dalam setahun.

"Misalnya saja ada sekitar 5.000 sepeda motor setiap hari yang parkir di sana maka pendapatannya ada Rp50 juta sehari, Rp1,5 miliar sebulan dan Rp18 miliar dalam setahun," ujar Tigor
 sinpo

Komentar: