Mudik Gratis, Dishub DKI Siapkan Delapan Bus untuk Penyandang Disabilitas

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 27 Maret 2024 | 10:55 WIB
Ilustrasi mudik gratis Lebaran. (Foto: SinPo.id/dok Kemenhub)
Ilustrasi mudik gratis Lebaran. (Foto: SinPo.id/dok Kemenhub)

SinPo.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menyediakan bus untuk penyandang disabilitas dalam program mudik gratis Lebaran 2024. Rencananya ada delapan bus yang disediakan bagi pemudik khusus penyandang disabilitas. 

"Mitra kami berkenan menyampaikan tambahan dua unit bus, akan ada tambahan. Total ada delapan unit," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa, 26 Maret 2024.

Syafrin menjelaskan, persyaratan pendaftaran mudik gratis bagi penyandang disabilitas tak jauh berbeda dengan program reguler. 

"Persyaratan utama, itu disabilitas. Apa saja, itu tuna rungu, tuna wicara, dan tuna netra," ucap Syafrin. 

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta menggelar program mudik gratis Lebaran 2024. Kuota yang tersedia kurang lebih 18.760 orang.

Syafrin menjelaskan, 259 armada disediakan bagi masyarakat dengan tujuan ke 19 daerah di enam provinsi di Indonesia.

"Untuk armada bus ada 259 unit khusus yang arus mudik. Terdapat 19 Kota/Kabupaten yang menjadi tujuan mudik yang tersebar di 6 provinsi," ujar Syafrin.

Dishub juga menyediakan 13 unit truk untuk arus mudik dan 10 untuk arus balik. Truk ini digunakan untuk mengangkut motor pemudik. Dishub DKI telah melakukan proses pemilihan penyedia.

Rencananya, peserta Mudik Gratis 2024 akan diberangkatkan pada 4 April 2024.  "Pada tanggal 3 April itu pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang," kata Syafrin.sinpo

Komentar: