Capaian Vaksin Booster Kedua untuk Lansia di DKI Masih Rendah

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:25 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id - Capaian vaksinasi booster kedua untuk lansia di DKI Jakarta masih rendah, yakni baru 13 persen, sejak dibuka pertama kali pada 22 November 2022 lalu. Hal ini menjadi alasan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mendorong percepatan capaian vaksin anti Covid itu.

"(Yang sudah vaksin) 56.267 dibagi 435.166, sekitar 13 persen (lansia yang sudah vaksin)," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI, Sabtu 10 Desember 2022.

Ngabila meminta agar lansia di Ibu Kota segera vaksin booster kedua dengan mengakses layanan vaksinasi terde dekat dengan lokasi tempat tinggal masing-masig.

"Di Jakarta layanan vaksinasi banyak, Senin-Minggu termasuk sore dan malam hari," kata Ngabila menambahkan.

Ngabila juga menyampaikan vaksinasi booster kedua untuk lansia juga dapat diakses untuk KTP di seluruh Indonesia. Dengan syarat lansia 60 tahun ke atas yang sudah jarak minimal 6 bulan dari dosis 3.

Vaksinasi booster kedua atau dosis keempat dapat dilakukan juga oleh lansia setelah satu bulan dinyatakan sembuh dari Covid-19. Vaksin dosis keempat itu terbukti dapat mengurangi resiko kematian akibat Covid-19.

"Terbukti dapat meningkatkan antibodi yang akan mencegah kematian Covid-19," katanya. sinpo

Komentar: