Kecelakaan Saat Uji Coba Kereta Cepat, Senayan Minta Investigasi Menyeluruh

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 19 Desember 2022 | 18:22 WIB
Kereta Cepat (SinPo.id/Pixabay.com)
Kereta Cepat (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Anggota dewan perwakilan rakyat di Senayan minta investigasi menyeluruh terkait kecelakaan dalam fase uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Langkah itu dinilai sangat penting dan harus menjadi prioritas, karena menyangkut keselamatan dan keamanan penumpang ke depannya.

"Harus ada investigasi menyeluruh. Info awal lokomotif kereta cepatnya keluar lintasan dan menabrak kereta teknis. Ini sangat berbahaya. Artinya prinsip Safety, Security, Healty and Environmentnya bermasalah," kata Anggota Komisi V DPR RI Irwan Fecho, Senin 19 Desember 2022.

Menurut Irwan, kecelakaan saat fase uji coba yang menelan korban jiwa tersebut, sangat rawan dan berbahaya. Sedangkan investigasi menyeluruh dinilai penting karena menyangkut kepentingan orang banyak, karena kereta cepat Jakarta-Bandung akan mengangkut ribuan penumpang.

"Proyek KCIC ini harus dihentikan sementara. Jangan dilanjutkan mengingat bukan hanya Safety dan Security serta Lingkungan yang bermasalah,” kata Irwan menambahkan.

Ia juga mengakui sejak perencanaan sampai dengan pembiayaan pembangunan kereta cepat sudah buruk. Pemerintah terlalu ambisius dalam proyek infrastruktur, khususnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan terlalu terburu-buru, hingga pelaksanaannya terkesan dipaksakan.

"Jokowi harus hentikan targetnya kereta cepat Jakarta-Bandung fungsional sebelum 2024. Selain biayanya terus membengkak juga sangat beresiko dan berbahaya jika terus dipaksakan," katanyasinpo

Komentar: