Kritisi Kinerja BPKH Soal Dana Haji, DPR: Kerja Mereka Kayak Kasir

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 Februari 2023 | 21:27 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid (SinPo.id/ Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid (SinPo.id/ Dok. DPR RI)

SinPo.id -  Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengkritik keras Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dia meminta BPKH mundur bila tak sanggup mengelola dana haji secara baik.

"Saya jujur bila BPKH ini tidak sanggup untuk mengelola ini lebih baik mundur saja," kata Wachid, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah bahkan mengibaratkan kerja BPKH seperti kasir. Dia mendesak bila BPKH untuk lebih berhati-hati dalam mengelola dana haji tersebut.

"BPKH saya amati ini kayak kasir," kata Wachid menambahkan.

Wachid menilai persoalan pada haji adalah BPKH selalu manut pada Kementerian Agama (Kemenag).  Ia menyatakan sumber dana haji saat ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, dana dari jemaah haji dan dana yang saat ini sedang dikelola BPKH.

Selain itu, dia menyarankan BPKH seharusnya tidak asal manut saja kepada Kemenag soal pengajuan tarif haji. Menurut dia, BPKH harus memiliki ketegasan dan berani mengkritisi setiap usulan yang diajukan Kemenag terkait tarif haji.

"Kalau Kemenag mengajukan dana yang tinggi BPKH ini harusnya mengkritisi dan menelusuri masa mereka diam," ujar Wachid menegaskan.

Wachid memastikan Komisi VIII akan terus mengawal soal dana haji tersebut. "Jadi saya dan teman-teman di Komisi VIII memiliki komitmen akan  membongkar total tentang dana haji ini," katanya.

 sinpo

Komentar: