Rumah BUMN Pertamina Ciptakan Pebisnis Tangguh Kelas Global

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:15 WIB
Rumah BUMN Pertamina/Tim Media
Rumah BUMN Pertamina/Tim Media

SinPo.id -  Pertamina menyelenggarakan program Akselerasi Bisnis: Naik Kelas Lebih Cepat sebagai bentuk komitmen dalam mempercepat kemajuan bisnis pada tanggal 6 hingga 9 Februari 2023 bertempat di Hotel Milenium Jakarta.

Program ini merupakan tindak lanjut dari program Inkubasi Bisnis yang diinisiasi oleh Rumah BUMN Pertamina. Program ini bertujuan untuk membantu percepatan pertumbuhan bisnis para UMKM.

Brand Strategist dbrandcom, perusahaan brand dan communication consultant, dan Penulis Buku True Self My Personal Branding, Ria Renny Christiana menuturkan program ini sukses menggolkan banyak pengusaha go internasional.

“Setelah dilakukan proses seleksi dan mengikuti kelas inkubasi di tahun 2020-2021, para UMKM dari berbagai daerah Rumah BUMN Pertamina kian sukses mengembangkan bisnisnya hingga mampu dikenal dan menembus pasar global,” papar Ria yang juga menjadi pembicara dalam program tersebut.

Lebih jauh, Ria menyampaikan selama 2 hari ini pelatihan, peserta dilatih soal cara mengembangkan usaha secara cerdas, salah satunya dengan mendesain kemasan produk agar lebih menarik.

"Kemasan produk memang sangat penting untuk menarik perhatian para calon pembeli, namun selain itu kita juga harus mampu mengkomunikasikan apa kelebihan produk kita bagaimana masyakarat umum, terutama pembeli, hidupnya terbantu karena memanfaatkan produk kita," jelas dia.

Program ini diisi sejumlah materi terkait bagaimana melakukan business scale-up, konsultasi masalah bisnis dan penyelesaiannya, serta mempertemukan UMKM dengan para pemangku kepentingan yang sesuai.

Program ini diikuti 30 UMKM, yang merupakan lanjutan dari kelas yang dilakukan pada 2 tahun lalu.

Diharapkan para peserta dapat meningkatkan kreatifitas dan mengakselerasi pertumbuhan serta meningkatkan nilai jual dari produk yang dipasarkan.

Dengan adanya program lanjutan dari Inkubasi Bisnis Rumah BUMN Pertamina ini, seluruh peserta diharapkan bisa menjadi pebisnis yang tangguh dan terus tumbuh lebih cepat sehingga menjadikan komunitas ini menjadi wadah bisnis yang positif bagi kemajuan ekonomi Indonesia.

VP CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan pihaknya Kan terus menggenjot agenda-agenda binaan seperti ini sebagai bentuk komitmen dari PT. Pertamina (Persero) terhadap pengembangan UMKM.

“Sesuai dengan temanya UMKM naik kelas demi mewujudkan dan mendukung ekonomi bangsa. Ekonomi bangsa diawali oleh UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia," jelas Fajriyah.

"Oleh karena itu kami berharap acara ini dapat diikuti oleh bapak ibu UMKM dengan baik karena Bapak Ibu akan didampingi oleh mentor dan pakar yang handal," tukas dia.sinpo

Komentar: