Ada Sekitar 3,9 Juta Warga Miskin Tinggal di DKI Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 Februari 2023 | 09:47 WIB
Kota Jakarta/ Pixabay
Kota Jakarta/ Pixabay

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyerahkan laporan data kemiskinan kepada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK).

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan dari laporan itu disebutkan jika masih terdapat sebanyak 3,9 juta warga miskin yang ada di Ibu Kota.

"Tadi kami laporkan kepada Bapak Menteri ada kurang lebih sekitar 3,9 juta warga," kata Heru di Balai Kota Jakarta, dikutip Kamis, 16 Februari 2023.

Heru menjelaskan, data tersebut merupakan data gabungan dari data penyasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE), data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan Carik Jakarta.

Jumlah tersebut, kata Heru, sudah termasuk data stunting dan kemiskinan ekstrem yang ada di Ibu Kota. Sampai saat ini, masih tersisa sekitar 146 ribu data yang sedang dalam proses sinkronisasi.

"DKI sebagai contoh sudah tidak ada perbedaan lagi antara data P3KE dengan DTKS. Sisanya tadi ada data 146 ribu yang kami harus masukkan di data DTKS," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Waki Kota Jakarta Timur ini menjelaskan, jutaan data yang teridentifikasi itu sudah sesuai dengan nama dan alamat (by name by address).

Sejauh ini proses sinkronisasi data pun masih erus berjalan. Heru berjanji akan kembali melaporkan perkembangan data terbaru kepada menteri PMK.

"Sisanya nanti sedang di-skrining di lapangan, kami turun dan kami lapor berkala itu tugas kami yang diberikan oleh Pak Menko nanti kami laporkan ke Pak Menko secara tertulis," tandasnya.sinpo

Komentar: