Bantah Pemerintah Intervensi PSSI, Erick Thohir: Kalau Benar Sudah di-Banned FIFA

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 20 Februari 2023 | 17:39 WIB
Pengurus baru PSSI/ Tangkapan layar
Pengurus baru PSSI/ Tangkapan layar

SinPo.id - Menteri BUMN Erick Thohir membantah adanya intervensi dari pemerintah terkait posisinya sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Menurut Erick hal ini merupakan sebuah kerjasama pemerintah dalam mendukung olahraga di tanah air dan juga kecintaannya terhadap dunia olahraga.

"Kecintaan saya di olahraga tidak perlu dipertanyakan lagi. Ini bukan intervensi, tapi kerja sama. Kalau ini intervensi saya rasa kemarin habis saya dipilih, FIFA langsung nge-banned," kata Erick Tohir saat konferensi pers di Istana negara, Senin 20 Februari 2023.

Erick menyebut, Presiden FIFA secara pribadi mendukung dirinya untuk membenahi sepakbola di tanah air agar menjadi lebih baik.

"Malah dapat surat, di dalam surat presiden FIFA itu secara pribadi. Ini kata-kata yang luar biasa yang saya rasa pasti rekan-rekan exo tidak pernah mendapatkan surat seperti ini. Biasanya hanya FIFA, tapi ini secara pribadi pun mendukung," ujar Erick.

Erick menyebut dukungan itu merupakan bukti jika sepak bola Indonesia menjadi perhatian dan memiliki tempat di dunia Internasional.

"Ini ada kedekatan moral bahwa kami semua yang ada disini ini merupakan bagian dari sepak bola internasional, FIFA mengharapkan perubahan itu, apalagi didukung oleh pemerintah," tandasnya.

Sebelumnya, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI resmi memilih Erick sebagai Ketua Umum PSSI. Selain Erick, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga jadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Keberadaan dua menteri Jokowi di PSSI ini yang menjadi sorotan sejumlah pihak. Jokowi pun juga berkali-kali menegaskan bahwa pemerintah sama sekali tidak melakukan intervensi terhadap PSSI.sinpo

Komentar: