Erick Thohir Beberkan Dua Alasan Pencopotan Dedi Sunardi dari Jabatan Direktur Penunjan Bisnis Pertamina

Laporan: Sinpo
Jumat, 10 Maret 2023 | 02:01 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

SinPo.id -  Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap alasan pencopotan Dedi Sunardi dari jabatan sebagai Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero). Menurut dia, ada dua alasan pencopotan. 

"Copot-mencopot kan juga nggak enak. Tetap saya punya alasan," katanya, dalam konferensi pers di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis 9 Maret 2023. 

Pencopotan Dedi dari posisinya ditetapkan dalam Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan PT Pertamina nomor SK - 43/MBU/03/2023 per tanggal 8 Maret 2023.

Meskipun tidak mudah, namun kata dia, pasca kejadian kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, pihaknya perlu mengambil tindakan agar semua yang saat ini memimpin di BUMN itu para direksi harus benar-benar menjalankan tugas sebaik mungkin.

Untuk alasan pencopotan, pertama, dia mengaku, telah mengingatkan direksi BUMN terkait untuk mengagendakan pembahasan tentang strategi penyelesaian dari kondiai zonasi di kawasan depo tersebut. Hal ini pun telah ia wanti-wanti dalam 2 tahun ke belakang.

Kedua, Erick menyinggung perihal tanggung jawab dalam pendampingan terhadap para korban tragedi tersebut. Menyangkut perihal ini, ia bahkan sempat memanggil para direksi untuk datang ke lokasi.

"Dan kemarin saya minta direksi, kementerian, pulang. Ada yang pulang dan ada yang tidak pulang. Ya saya catat dong siapa yang nggak pulang. Yang ketika rakyat ada yang meninggal masa kita nggak hadir. Saya saja pulang dari Surabaya, padahal saya ada event besar," tambahnya


 sinpo

Komentar: