PILPRES 2024

Prabowo Unggul di Tiga Simulasi Survei yang Digelar LSI

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 03 Mei 2023 | 16:41 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden pada Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul, lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada tanggal 12-17 April 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling, dan melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei adalah +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan, mengatakan, dengan simulasi top of mind, hasil survei menunjukkan nama Prabowo tertinggi. Mantan Danjen Kopassus itu unggul dari kandidat lainnya, dengan perolehan 18,3 persen.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh 16,2 persen, dan Anies Baswedan di posisi ketiga, dengan 13,1 persen.

"Kami menemukan data pilihan top of mind paling tinggi ada di Pak Prabowo Subianto disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Tentu saja kalau kita lihat perbedaan angka ketiga nama itu memang perbedaannya di dalam 2 kali margin of error dan ini ketat sekali," kata Djayadi dalam pemaparan hasil survei secara virtual, Rabu, 3 Mei 2023.

Selain top of mind, sambung Djayadi, LSI juga mengadakan survei dengan simulasi semi terbuka. Dalam survei ditanyakan, siapa yang akan dipilih responden dari 34 nama yang potensial sebagai calon Presiden di 2024.

"Simulasi banyak nama dengan 34 nama semi terbuka hampir semua nama masuk di sini, lagi-lagi tiga teratas adalah sama Prabowo Subianto 26,5 diikuti dengan sangat ketat oleh Ganjar Pranowo pada angka 24,9 persen, lalu Anies Baswedan 19,8 persen," jelasnya.

Lebih jauh Djayadi menyebut, pihaknya mengadakan survei dengan simulasi tertutup 10 nama. Hasilnya, Prabowo Subianto kembali menjadi yang paling unggul dibanding nama lainnya.

"Di sini kita tampilkan nama Prabowo, Ganjar, Anies, Ridwan Kamil, AHY, Sandi Uno, Erick Thohir, Puan Maharani, Airlangga, dan Muhaimin Iskandar. Tiga besar tetap sama, Pak Prabowo 28,3 persen, Ganjar 27,3 persen, dan 21 persen Anies Baswedan," kata dia.sinpo

Komentar: