Forum MIKTA Berperan Penting untuk Selesaikan Berbagai Isu Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 20 November 2023 | 21:49 WIB
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Puteri Komarudin (SinPo.id/Dok. Puteri Komarudin)
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Puteri Komarudin (SinPo.id/Dok. Puteri Komarudin)

SinPo.id - Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Puteri Anetta Komarudin, menyebut MIKTA memiliki peran penting terhadap berbagai isu global tanpa terkait dengan PBB.

“Forum konsultasi dan kemitraan seperti MIKTA justru punya kelebihan dengan fleksibilitas dalam menentukan cakupan dan kedalaman kerjasama, dibandingkan dengan membentuk organisasi formal tersendiri," kata Puteri dalam keterangan persnya, Senin 20 November 2023.

"Apalagi saat ini permasalahan global sangatlah dinamis dan sering kali persoalan tersebut muncul bukan karena ketiadaan organisasi internasional. Tetapi bisa juga lantaran kurangnya koordinasi antar negara,” sambungnya.

Menurutnya, pembentukan MIKTA merupakan sebuah langkah yang tepat, agar setiap negara yang memiliki visi yang sama dapat menyelesaikan berbagai permasalahan global dengan lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, Puteri berharap MIKTA bisa menjembatani atau menjadi bridge builder dalam penanganan isu dan tantangan global terkini. Terutama isu-isu yang menjadi prioritas Indonesia, yakni penguatan multilateralisme, pemulihan yang inklusif, serta transformasi digital.

"Karena lewat MIKTA, kita bisa menyatukan kekuatan untuk menjadi penyeimbang antara negara berkembang dan negara maju yang merepresentasikan berbagai kawasan yang berbeda,” paparnya.sinpo

Komentar: