Menlu RI Sebut Tiga WNI di RS Indonesia Telah Dievakuasi ke Gaza Selatan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 November 2023 | 17:17 WIB
RS Indonesia di Gaza Palestina (Sinpo.id/Reuters)
RS Indonesia di Gaza Palestina (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengatakan kondisi Rumah Sakit Indonesia di Gaza saat ini sedang tidak baik pasca serangan dari pasukan Israel yang menewaskan 12 orang dan merusak sejumlah fasilitas medis, termasuk generator listrik.

Namun upaya untuk mengevakuasi seluruh isi rumah sakit, termasuk tiga warga negara Indonesia (WNI) telah membuahkan hasil, dan proses evakuasi dapat berjalan dengan baik di tengah gencatan senjata yang berlangsung selama empat hari.

"Rumah Sakit Indonesia saat ini dalam kondisi yang tidak baik, semua isi rumah sakit Indonesia sudah dievakuasi ke Gaza Selatan termasuk tiga warga negara Indonesia," kata Retno, dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, Senin 27 November 2023.

Meski demikian, Retno mengaku bahwa sebelumnya, pemerintah Indonesia sempat kehilangan kontak beberapa hari dengan tiga WNI tersebut, dan menerima informasi yang simpang siur. Namun saat ini komunikasi telah kembali berjalan, dan ketiganya dipastikan dalam kondisi yang baik-baik saja.

"Alhamdulillah, kontak sudah dapat dilakukan, saat ini mereka dalam kondisi aman dan sehat dan ketiganya saat ini berada di Gaza Selatan.  Kita akan terus memantau perkembangan di Gaza sebagai upaya untuk mengevakuasi," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara mengatakan, situasi di lokasi rumah sakit menjadi sangat buruk setelah tank-tank dan pasukan Israel mengepung bangunan tersebut. Bahkan sebagian fasilitas kesehatan yang ada di RS Indonesia juga rusak terkena serangan udara dan tembakan artileri.

Bahkan menurut Kementerian Kesehatan Palestina, pasukan Israel juga menargetkan serangan ke generator listrik Rumah Sakit Indonesia, beberapa jam sebelum dimulainya kesepakatan gencatan senjata atau jeda kemanusiaan antara Israel dan Palestina di jalur Gaza.sinpo

Komentar: