Penahanan Firli Bahuri Jadi kado Terindah di Hari Antikorupsi Sedunia

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 06 Desember 2023 | 13:11 WIB
Firli Bahuri (Sinpo.id/David)
Firli Bahuri (Sinpo.id/David)

SinPo.id -  Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menyebut penahanan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri bakal jadi kado terindah bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam menyambut Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2023.

"Firli ditahan merupakan kado terindah hari antikorupsi sedunia," kata Yudi dalam keterangan tertulisnya yang diterima pada Rabu, 6 Desember 2023.

Yudi menjelaskan bahwa sebelumnya penyidik telah melakukan pemeriksaan perdana Firli sebagai tersangka sehingga prosedur dan tahapan-tahapan penyidikan sudah terpenuhi.

"Pentingnya penyidik menahan Firli dan akan semakin mempermudah kerja-kerja penyidik dalam menuntaskan kasus ini," ujar Yudi.

Dengan adanya penahanan terhadap Firli, menurut Yudi, akan menjadi bukti komitmen negara dalam memberantas korupsi.

"Karena pelaku korupsi apapun jabatan pelakunya termasuk ketua KPK akan ditindak tegas sebagai bukti negara ini melawan korupsi," tegasnya.

Sebagai informasi, polisi menjadwalkan pemanggilan kembali Firli untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, di kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), pada Rabu, 6 Desember 2023.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut bahwa Firli telah menerima surat panggilan kedua sebagai tersangka dari pihaknya pada Minggu, 3 Desember 2023 sekitar pukul 12.47 WIB.
sinpo

Komentar: