Natalius Pigai: Penyelidikan Resmi Komnas HAM Prabowo Bersih dari Tuduhan Kasus Kemanusiaan Masa Lalu

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 11 Desember 2023 | 18:30 WIB
Konferensi pers TKN Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Konferensi pers TKN Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai menyebut nama calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto bersih dari tuduhan kasus dugaan pelanggaran HAM masa lalu. Ditegaskannya, hal tersebut berdasarkan hasil dari penyelidikan resmi yang telah dilakukan oleh Komnas HAM.

"Hasil penyelidikan komnas HAM sampai hari ini yang saya sudah baca, nama Prabowo tidak ada dalam kesimpulan sebagai orang yang melakukan pelanggaran (HAM). Hasil penyelidikan KomnasHAM secara resmi," kata Pigai di Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2023.

Pigai mengatakan, pernyataannya ini sudah ia kemukakan di publik dan belum ada satu pun yang berani membantahnya.

"Pernyataan ini sudah saya keluarkan minggu lalu dan tidak ada yang protes, itu artinya nama prabowo tidak ada," ujarnya.

Lebih lanjut, Pigai menyebut Komnas HAM sebagai satu-satunya lembaga negara yang berhak secara konstitusional yang diberikan kewenangan melakukan proses penyelidikan pelanggaran HAM.

Karena itu, kalau ada yang menyebut  prabowo sebagai pelaku kejahatan masa lalu, menurutnya itu sudah termasuk kepada verbal violence atau hate speech. Bahkan dapat dikategorikan sebagai sebuah penghinaan. 

"Saya kira sikapnya jelas ya, karena itu teman-temen (wartawan) harus menghilangkan apa yang namanya pak prabowo didalam lingkaran kejahatan HAM," jelas Pigai.

"Dan hasil kesimpulan Komnas HAM tidak ada nama Prabowo Subianto. Titik, clear," tandasnya.sinpo

Komentar: