Tingkatkan Angka Partisipasi Kasar Kuliah, DPR Harap Beasiswa Diperbanyak

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 13 Desember 2023 | 23:31 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi. (SinPo.id/Parlementaria)
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi, berharap agar beasiswa bagi siswa dan siswi di bangku kuliah diperbanyak, untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Kuliah yang baru mencapai 14 persen.

Pasalnya, angka tersebut belum maksimal, dan masih perlu ditingkatkan menjadi 20 persen. Sedangkan beasiswa yang sudah ada yakni mencapai 200 ribu orang untuk seluruh universitas seluruh Indonesia, dengan anggaran mencapai kurang lebih Rp20 triliun.

"Namun angka tersebut masih dibilang masih kurang, karena target dari penerimaan beasiswa empat ratus ribu beasiswa dari dua juta siswa yang belajar. Mudah-mudahan nanti kita usahakan target tersebut bisa ter-cover dari target yang diinginkan,” kata Dede, dikutip Rabu 13 Desember 2023.

Meski demikian, penambahan beasiswa bukan hal yang mudah, karena harus dipikirkan juga anggaran yang diperlukan yang kurang lebih mencapai dua puluh triliun. Namun penambahan beasiswa dapat dilakukan secara bertahap.

"Kenapa perlu ditingkatkan? karena dalam industri 4.0 menuju ke 5.0 kalau tidak menguasai teknologi dan tidak menguasai talenta-talenta sesuai dengan industri akan sulit nantinya mendapatkan lapangan kerja. Untuk itu kita akan dorong kemampuan high order thinking itu bisa didapat lebih banyak lagi oleh siswa-siswa di Indonesia,” jelasnya.

Karena sebagaimana yang diamanatkan UUD, sekitar 20 persen dari APBN dan APBD harus dialokasikan untuk biaya pendidikan nasional. APBN Indonesia tahun 2023 sebesar Rp3000 triliun, sehingga anggaran pendidikan nasional yakni Rp 612,2 triliun rupiah, di mana Rp305 triliun di antaranya ditransfer ke daerah dan dana desa.sinpo

Komentar: