KKB Berulah Serang TNI saat Natal, Satu Prajurit Gugur

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 26 Desember 2023 | 15:37 WIB
Anggota TNI yang jadi korban serangan KKB (SinPo.id/ Puspen TNI)
Anggota TNI yang jadi korban serangan KKB (SinPo.id/ Puspen TNI)

SinPo.id - Dua Prajurit dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti khusus penjaga wilayah perbatasan di Papua diserang Kelompok Separatis Teroris  Papua (KSTP) di Kampung Bousah, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Senin, 25 Desember 2023.

Akibat penyerangan ini, satu prajurit TNI Kopda Hendrianto gugur. Sementara, Pratu Frangky Gulo kritis.

Insiden yang menodai hari Natal ini dilakukan oleh kelompok sayap OPM (Organisai Papua Merdeka) pimpinan Manfred Fatem.

Diperkirakan serangan dilakukan oleh kelompok KSTP. Mereka secara tiba-tiba ke arah Pos Bousha dari ketinggian, pada pukul 14.00 WIT dengan jarak 100 meter.

Korban yang kritis saat ini masih dalam perawatan Rumah Sakit Teminabuan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sementara korban yang meninggal masih disemayamkan. 

Menurut informasi, saat ini di wilayah Bousha Distrik Aifat Selatan dalam konsisi hujan. Sehingga untuk mobilitas pergerakan dan komunikasi mengalami kendala, karena tidak adanya sinyal internet dan telepon selular.

Saat dihubungi, Kapuspen TNI Brigjen TNI Nugraha Gumilar membenarkan kejadian itu.

"Ya benar itu  KSTP melakukan penyerangan pos Satgas Pamtas di Kabupaten Maybrat,  Papua Barat Daya yang mengakibatkan satu prajurit kita gugur dan satu  luka berat, untuk detail insiden masih dalam penyelidikan," ujar Nugraha dalam keterangannya, Selasa, 26 Desember 2023.sinpo

Komentar: