Kapolda Metro Jaya: Tahan Firli Tidak Gampang, Perlu Taktik dan Strategi

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 28 Desember 2023 | 22:39 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (SinPo.id/Dok. Humas Polri)
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (SinPo.id/Dok. Humas Polri)

SinPo.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebut butuh taktik dan strategi untuk menahan seorang tersangka seperti dalam kasus Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri.

"Menahan itu gampang kok, hari ini kalau memang, bisa tahan, ya saya tahan, tapi kan kita perlu taktik dan strategi yang tepat, sehingga nanti kita tidak buang-buang waktu," kata Karyoto dalam rilis akhir tahun Polda Metro Jaya di BPMJ pada Kamis, 28 Desember 2023.

Karyoto tidak ingin nantinya penyidik terkesan mencicil dalam mengusut perkara yang ada. Saat ini, Polda Metro Jaya tengah mengembangkan kasus pemerasan dengan Firli Bahuri sebagai tersangka.

"Kami tidak mau dikatakan nyicil perkara. Kalau nyicil perkara itu, saya punya terhadap 1 tersangka itu punya 4 tuduhan, satu saya selesaikan, nanti mau habis tambah satu lagi. Itu tidak boleh asasnya. Kita tidak adil terhadap perlakuan kepada tersangka ini. Makanya kita kumpulin dulu, baru nanti kita jadikan satu," tuturnya. 

Lebih jauh, Karyoto menegaskan penahanan terhadap seorang tersangka harus berlandaskan fakta.

"Karena itu, saat ini penyidik Polda Metro Jaya tengah mengumpulkan bukti-bukti dan dijadikan satu," ujar Karyoto. 

Seoerti diketahui, Firli telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pemeriksaan Firli berlangsung selama 10 jam di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Desember 2023. Dia pun kembali tak ditahan oleh pihak kepolisian.

Pantauan SinPo.id di lokasi, Firli keluar dari Gedung Bareskrim Polri, tepatnya dari Gedung Awaloeadin Djamin pada pukul 20.30 WIB. Firli tampak mengenakan kemeja berwarna abu-abu cream.

Tampak Firli dikawal oleh anggota polisi agar bisa masuk ke dalam mobilnya yang sudah terparkir di depan gedung Bareskrim.  Pengawalan itu untuk menghindari awak media yang telah menunggu selama pemeriksaan berlangsung.

Firli pun bungkam tak merespon pernyataan dari para awak media. Pensiunan polisi berpangkat Jenderal bintang tiga itu langsung mengarah masuk ke dalam pintu mobilnya.sinpo

Komentar: