Gelar Pemusatan Latihan di Turki, Shin Tae-Yong Beri Materi Taktikal

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 01 Januari 2024 | 20:44 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (SinPo.id/ Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (SinPo.id/ Dok. PSSI)

SinPo.id - Timnas Indonesia kembali melanjutkan agenda training camp (TC) atau pemusatan latihan di Antalya, Turki, Minggu, 31 Desember 2023. Dalam latihan tersebut pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan materi taktikal.

Taktik itu disiapkan oleh Shin Tae-yong untuk laga uji coba kontra Libya yang akan berlangsung pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB. Rencananya, Libya akan berhadapan dengan Timnas Indonesia sebanyak dua kali, pada 2 dan 5 Januari 2024.

"Latihan tadi untuk mempersiapkan taktikal buat pertandingan menghadapi Libya," kata kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari dikutip dari laman PSSI, Senin, 1 Januari 2024.

Salah satu materi dari latihan taktik itu dibocorkan oleh bek Timnas Indonesia, Wahyu Prasetyo. Pemain yang dijuluki 'Hulk' tersebut mengatakan pada sesi latihan kemarin, Shin Tae-yong fokus mematangkan anak asuhnya cara membangun serangan yang diinginkan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Latihan teknikal, (salah satunya) build up untuk menghadapi uji coba lawan Libya," jelas Wahyu Prast.

Uji coba pertama kontra Libya besok malam pun akan jadi momen yang tepat untuk melihat sejauhmana perkembangan Wahyu Prast dkk. setelah 11 hari berlatih di Turki. Pada pekan ini, TC Skuad Garuda di Turki memasuki minggu kedua.

"Selama TC di sini (kondisi saya) cukup bagus. Kondisi teman-teman juga lebih membaik daripada sebelumnya," ujar pemain asal PSIS Semarang tersebut.

TC dan uji coba yang dijalani Timnas Indonesia di Turki merupakan bagian dari persiapan akhir sebelum tampil di Piala Asia 2023. Turnamen bergengsi tersebut dihelat di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.sinpo

Komentar: