Sampaikan Duka Cita Untuk Rizal Ramli, Jokowi: Ekonom Cerdas, Aktivis Kritis

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 03 Januari 2024 | 16:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Ucapan belasungkawa tersebut disampaikan Jokowi dalam unggahan di akun X pribadinya @jokowi pada Rabu, 3 Januari 2024.

"Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan menko kemaritiman, kemarin, di Jakarta," tulis Jokowi seperti dipantau di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2023.

Jokowi mengenang Rizal Ramli sebagai seorang ekonom cerdas sekaligus aktivis kritis yang cinta pada bangsa Indonesia.

"Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mendoakan agar almarhum Rizal Ramli mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran," paparnya.

Rizal Ramli diketahui menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, sekitar pukul 19.30 WIB, Selasa 2 Januari 2024. Ia meninggal di usianya yang ke-69 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker Pankreas stadium empat.

Sebelumnya, Rizal Ramli adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman periode 2015-2016. Ia juga menjabat Menteri Keuangan periode 13 Juni hingga 23 Juli 2001, pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Rizal Ramli juga pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri periode 23 Agustus 2000 sampai 12 Juni 2001.
sinpo

Komentar: