Qatar Kirim Obat-Obatan ke Gaza, Hamas: Kami Sangat Berterima Kasih

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Januari 2024 | 08:54 WIB
Osama Hamdan (Sinpo.id/Al-Jazeera)
Osama Hamdan (Sinpo.id/Al-Jazeera)

SinPo.id -  Seorang pemimpin Hamas yang berbasis di Lebanon, Osama Hamdan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Qatar yang telah mengirimkan obat-obatan ke Gaza.

Ia mengatakan, sebagian dari obat-obatan tersebut akan digunakan untuk merawat tahanan Israel. Sedangkan sebagian besar dari pasokan obat akan diprioritaskan untuk warga Gaza.

“Pertama, kami yakin masyarakat kami lebih layak dan membutuhkan obat-obatan, dan kedua, ada masalah keamanan yang ditimbulkannya,” kata Osama, dilansir dari Sky News, Minggu 14 Januari 2024.

Karena menurut pernyataan dari saluran Telegram berbahasa Inggris milik Hamas, layanan kesehatan bagi 10 ribu pasien kanker di Gaza telah terganggu akibat dari serangan Israel yang selalu menyasar fasilitas medis.

Selain itu, sekitar 150 ribu pasien dengan penyakit kronis juga tidak dapat menerima pengobatan. Bahkan 50 ribu wanita hamil juga membutuhkan bantuan.

“Sektor kesehatan di Gaza berada dalam kondisi kehancuran total akibat agresi Israel yang terus berlanjut. Rumah sakit di Gaza telah menjadi titik fokus konflik, dan hampir semuanya terpaksa ditutup karena kekurangan listrik dan pasokan medis," kata Hamas.
sinpo

Komentar: