OJK: Pemilu Dorong Penguatan IHSG

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 21 Februari 2024 | 00:15 WIB
OJK
OJK

SinPo.id -  Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi optimistis pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) memberikan penguatan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pernyataan itu disampaikan mengacu pada sejarah data pemilu sebelumnya.

"Dari pengalaman atau historical data pemilu-pemilu sebelumnya itu justru malah mendongkrak IHSG," kata Inarno dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 20 Februari 2024.

IHSG naik 1,3 persen secara harian pada hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.  Hingga 16 Februari 2024, IHSG menunjukkan penguatan di tengah perlambatan ekonomi global. IHSG menguat 0,86 persen year to date (ytd) ke level 7.335,55, serta membukukan net buy sebesar Rp20,05 triliun ytd.

Dia mengaku optimistis melihat kondisi ekonomi dalam negeri Indonesia. Meskipun tetap perlu memperhatikan kondisi pasar global karena adanya pelemahan ekonomi dunia dan tensi geopolitik.

"Tentunya optimisme tersebut, kita juga mesti melihat kondisi pasar global dengan pelemahan global dan juga tensi geopolitik saya pikir ini juga kita mesti harus mengkalkulasi terhadap target-target 2024," tambahnyasinpo

Komentar: