Konser Ed Sheeran di JIS Besok, Polisi Imbau Penonton Gunakan Transportasi Umum

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 01 Maret 2024 | 21:05 WIB
Konser Ed Sheeran (SinPo.id/edsheeran.com)
Konser Ed Sheeran (SinPo.id/edsheeran.com)

SinPo.id - Penyanyi asal Inggris Ed Sheeran akan menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 2 Maret 2024, besok.

Polisi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menyaksikan konser Ed Sheeran agar menggunakan transportasi umum.

"Saya berpesan kepada para penonton yang sudah memang niat untuk menonton lebih baik menggunakan angkutan umum. Karena ada beberapa jalur yang memang untuk 'drop off' (menurunkan penumpang) tidak dekat dengan pintu masuk," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat, 1 Maret 2024.

Menurut Latif, akses masuk menuju JIS sangat terbatas sehingga bakal berpotensi mengakibatkan kepadatan kendaraan. Dia pun mencontohkan saat konser band DEWA pada tahun lalu.

Dia mengatakan, pihak kepolisian membutuhkan sekitar lima jam untuk mengurai kepadatan kendaraan di akses masuk JIS. "Konser DEWA sekitar 80 ribu penonton itu pencairan'-nya dari jam 11 malam sampai dengan jam 4 pagi baru clear," ungkap dia.

Lebih lanjut, Latif berharap, untuk konser Ed Sheeran yang diperkirakan dihadiri 50 ribu penonton tersebut tidak terulang kejadian seperti konser band Dewa.

"Kalau 50 ribu, ini pasti akan terjadi kepadatan yang luar biasa, khususnya nanti mungkin masuknya masih bisa kita atur. Tapi pada saat bubarannya ini perlu sangat diantisipasi betul, harus saling sabar," kata Latif.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 300 personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya untuk mengatur lalu lintas di sekitar JIS. Sementara itu, untuk kantong parkir kendaraan bermotor telah disediakan di dalam stadion untuk roda dua serta di Kemayoran dan Ancol untuk roda empat.

Sebagai informasi, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris Ed Sheeran akan melakukan tur rekor dunianya ke Asia dan Eropa pada tahun 2024, termasuk Jakarta pada 2 Maret 2024 di Stadion JIS (sebelumnya bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno/GBK).sinpo

Komentar: