Polda Metro Kerahkan 2.025 Personel Gabungan Amankan Konser Ed Sheeran di JIS

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 02 Maret 2024 | 11:56 WIB
Pengamanan kepolisian (SinPo.id/dok.)
Pengamanan kepolisian (SinPo.id/dok.)

SinPo.id - Polda Metro Jaya bakal menerjunkan sebanyak 2.025 personel gabungan guna mengamankan konser penyanyi asal Inggris Ed Sheeran, di di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 2 Maret 2024, malam. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi menyebut, ribuan personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, dan Pemprov DKI Jakarta. 

"Personel pengamanan konser Ed Sheeran ada 2.025 personel yang terdiri dari Polda, Polres Jakarta Utara, TNI dan Pemprov DKI," ujar Ade kepada wartawan, Sabtu, 2 Maret 2024.

Ade Ary menyampaikan sejauh ini pengaturan lalu lintas di sekitar area konser atau JIS belum ditetapkan. Namun demikian, pengaturan lalu lintas bakal dilaksanakan secara situasional.

"Pengaturan lalu lintas dilaksanakan secara situasional, bekerja sama dengan stakeholders," ungkap dia. 

Sebelumnya, polisi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menyaksikan konser Ed Sheeran agar menggunakan transportasi umum.

"Saya berpesan kepada para penonton yang sudah memang niat untuk menonton lebih baik menggunakan angkutan umum. Karena ada beberapa jalur yang memang untuk 'drop off' (menurunkan penumpang) tidak dekat dengan pintu masuk," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat, 1 Maret 2024.

Menurut Latif, akses masuk menuju JIS sangat terbatas sehingga bakal berpotensi mengakibatkan kepadatan kendaraan. Dia pun mencontohkan saat konser band DEWA pada tahun lalu.

Dia mengatakan, pihak kepolisian membutuhkan sekitar lima jam untuk mengurai kepadatan kendaraan di akses masuk JIS. "Konser DEWA sekitar 80 ribu penonton itu pencairan'-nya dari jam 11 malam sampai dengan jam 4 pagi baru clear," ungkap dia.sinpo

Komentar: