FA CUP 2024

Setan Merah Lolos ke Semifinal Piala FA Usai Menang Dramatis 4-3

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 18 Maret 2024 | 03:12 WIB
MU menang atas Liverpool di piala FA (SinPo.id/MyKhel)
MU menang atas Liverpool di piala FA (SinPo.id/MyKhel)

SinPo.id - Manchester United berhasil mengamankan satu tempat di babak semifinal Piala FA setelah memetik kemenangan dramatis atas Liverpool di Old Trafford pada Minggu, 17 Maret 2024 malam WIB.

Tim berjuluk Setan Merah tersebut menang dengan skor 4-3 pada pertandingan babak perempat final Piala FA setelah melewati babak tambahan waktu.

Gol Manchester United dicetak Scott McTominay, Bruno Fernandes, Antony dan gol penentu lewat Amad Diallo. Sementara gol Liverpool dicetak oleh Alexis Mac Allister, Mohamed Salah, dan Harvey Elliott. 

Manchester United (MU) unggul lebih dulu sejak menit ke-10. Scott McTominay membawa tuan rumah memimpin 1-0 setelah menyambar pantul bola di dalam kotak penalti hasil dari tembakan Alejandro Garnacho.

Liverpool sempat menyamakan kedudukan lewat Watatu Endo. Namun gol-nya yang di cetak pada menit ke-37 dianulir wasit setelah melihat VAR karena offside.

Pada menit ke-44, Liverpool baru dapat menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Alexis Mac Allister. Tembakannya tak dapat dibendung Onana. Skor 1-1.

Liverpool berhasil melakukan come back setelah menambah gol pada menit ke-45+2. Tembakan Nunez mampu ditepis penjaga gawang.

Namun, bola muntahannya jatuh ke Salah yang berhasil membuat The Reds unggul 2-1 hingga babak pertama selesai. 

Di babak kedua, MU susah payah berusaha menyamakan kedudukan. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba ketika waktu normal tersisa tiga menit.

Antony melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti, yang melesak di pojok kanan bawah Liverpool. Skor berubah menjadi imbang 2-2 dan memaksa babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, Liverpool kembali memimpin skor lewat gol Harvey Elliott pada menit 105. The Reds menyudahi babak pertama tambahan waktu dengan keunggulan 3-2. 

Di babak kedua tambahan waktu, MU langsung tancap gas dan berhasil menyamakan kedudukan 3-3 melalui gol Rashford pada menit ke-112.

Diallo akhirnya memastikan kemenangan MU dengan mencetak gol penentu kemenangan timnya di menit injurytime ke-120. Skor 4-3 MU berbalik unggul.

Akan tetapi, Diallo harus diganjar kartu merah. Ia mendapatkan kartu kuning kedua setelah melakukan selebrasi gol dengan melepas pakaiannya. Skor 4-3 untuk kemenangan MU bertahan hingga pluit panjang berbunyi.

MU menyusul tiga tim lainnya yang lebih dulu memastikan lolos ke semifinal Piala FA yakni Coventry City, Manchester City dan Chelsea.sinpo

Komentar: