Pengamat: Pilpres Sudah Pasti Satu Putaran, Prabowo-Gibran Pemenang

Laporan: Firdausi
Selasa, 19 Maret 2024 | 13:14 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menyatakan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah pasti berlangsung satu putaran. Ia berkata, pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, keluar sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Kalau pemenang pemilu di pilpres sudah jelas. Prabowo - Gibran satu putaran. Jadi sudah sangat jelas ya. Tidak perlu prediksi- prediksi ya," kata Ujang saat dihubungi SinPo.id, Selasa, 19 Maret 2024. 

Meski begitu, Ujang tetap menginbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari KPU perihal satu putaran atau dua putarannya Pilpres 2024 digelar. 

"Oleh karena itu pengumuman resminya kita tetap tunggu KPU, biar semuanya jelas," ungkap Ujang. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengesahkan rekapitulasi suara nasional di 34 dari 38 provinsi Indonesia pada hari ke-20 rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa dini hari. 

Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul di 32 provinsi. Sedangkan dua sisanya direbut pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan pasangan Ganjar- Mahfud MD kosong. 

Saat ini, masih ada empat provinsi yang masih mengalami proses rekapitulasi oleh KPU. Keempat provinsi itu adalah Jawa Barat (Jabar), Papua, Papua Pegunungan, dan Maluku.sinpo

Komentar: